;

Translate

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja - Surat lamaran kerja biasanya dibuat ketika seseorang ingin bekerja pada sebuah perusahaan dimana perusahaan tersebut membuka lowongan dan mewajibkan kepada pelamarnya untuk menulis sebuah surat lamaran kerja,yang nantinya akan di lihat oleh pemilik perusahaan tersebut untuk mendapatkan tinjauan yang lebih lagi oleh perusahaan tersebut.
Surat lamaran kerja ini,biasanya juga dapat kita temui dalam tugas guru bahasa indonesia di sekolah maupun di perkuliahan.Biasanya guru akan melakukan pelatihan kepada mahasiswa ataupun siswa agar mereka mengerti dan memahami seperti apasih surat lamaran kerja ini.
Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut langkah-langkah Penulisan Surat Lamaran Kerja

1.Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
Menggunakan bahasa yang baik dan benar ini juga penting dalam penulisan surat lamaran kerja.Karena bahasa yang baik dan benar merupakan komponen pokok yang harus ada dalam setiap kata dari surat lamaran kerja ini.

2.Tulis Dengan Kalimat Yang Santun
Dengan menulis dengan kalimat yang santun ini,artinya secara tidak langsung kita dapat memperkenalkan diri kita melalui tulisan yang telah kita buat pada surat ini.Dengan menulis santun kita juga dapat dianggap memiliki prilaku yang baik oleh seseorang yang membaca surat kita.

3.Tulis Dengan Rapi
Menulis dengan rapi ini juga sangat diperlukan dalam penulisan surat lamaran kerja ini,mengapa? karena ketika tulisan itu menjadi rapi maka yang akan timbul adalah surat kita akan mudah di baca oleh siapapun juga,karena rapi dan jelas.

4.Lengkapi Syarat-Syarat Yang Ditentukan Oleh Perusahaan.
Ini juga perlu dilakukan,karena sebuah perusahaan akan memilih dan memilah syarat-syarat yang lengkap dan yang tidak lengkap biasanya akan di dis karena dianggap tidak jelas.

5.Lampiran-lampiran
Biasanya termasuk sertifikat-sertifikat,ini bisa kita tambahkan dalam melamar pekerjaan, karena ini juga akan menjadi pertimbangan sebuah perusahaan mencari pelowong kerja.

Mengenai inti dari surat lamaran kerja sebenarnya itu hanya
  • Pembuka
  • Isi
  • Penutup
1.Pembuka
Berisi sambutan sambutan yang di tuangkan dalam surat dan informasi-informasi dapat dari manakah info lowongan kerja didapatkan.

2.Isi
Pada bagian isi dapat menjelaskan bahwa pelamar ini sudah memenuhi kriteria yang telah di sebutkan pada informasi lowongan kerja darimana dia mendapatkannya.

3.Penutup
Pada bagian penutup biasanya berisi harapan yang di ungkapkan pengarang agar di terima menjadi pekerja di sebuah perusahaan tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Kemeja Biru
Jl. Cendrawasih No.117
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Kemeja Biru yang saya dapatkan dari kompas.com pada tanggal 15 Januari 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Kemeja Biru.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                      : Ilham Sistiyo
Tempat / tgl. lahir     : Jakarta, 15 agustus 1996
Pendidikan Terakhir : S2 Manajemen Informatika
Alamat                     : Jl Cendana No.2
Telepon (HP)           : 085664980635
Status                      : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S2
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,

Ilham Sistiyo

Nb: Titik dua pada bagian data diri harus lurus.

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Metro, 15 Jan 2016
Kepada Yth. HRD
PT.Kemeja Biru
Jl.Mandiri 2
Bandung

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                  : Joni evan
Tempat, Tgl. Lahir    : Bekasi 8 agustus 1995
Alamat                :  Jl.lembang
No. Telp/HP           :  081342456334
Pendidikan            :  S3 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Web Design.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Web design di salah satu perusahaan terkemuka di Lampung. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Johny Evan.S.Kom
Bagaimana setelah sobat membaca artikel ini apakah sudah mendapatkann pencerahan dalam membuat surat lamaran pekerjaan ? jika ia semoga saja artikel ini dapat membantu sobat yang sedang mencari artikel tentang surat menyurat ini.
Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang dapat saya paparkan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.Terima kasih telah membaca artikel tentang contoh surat lamaran kerja.

Masukkan Email untuk Berlangganan

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar"